ARSITEKTUR
Arsitektur
komputer berkaitan dengan atribute-atribute yang nampak bagi programmer.Set
Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O,
teknik pengalamantan (addressing techniques).
Contoh: apakah tersedia instruksi untuk
perkalian?
ORGANISASI
Organisasi
komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi
arsitektural
Control
signals, interfaces, memory technology.
Contoh:
Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah
dikerjakan dengan penambahan secara
berulang?
ARSITEKTUR & ORGANISASI
KOMPUTER
-
Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
-
Arsitektur bertahan lama,
organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
-
Semua Intel famili x86
memiliki arsitektur dasar yang sama
-
Famili IBM System/370
memiliki arsitektur dasar yang sama
-
Memberikan compatibilitas
instruksi level mesin
-
At least backwards
-
Organisasi antar versi
memiliki perbedaan
1.
Klasifikasi Arsitektur Komputer
1. SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU
yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu
persatu.
2. SIMD
(Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit
kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu
Elemen Pemroses
3. MISD
(Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD
(Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut
multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
2. Kualitas Arsiterktur Komputer
Generalitas
Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok
dengan arsitektur. dan computer yang
terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik decimal. Sistem
umum memberikan dua jenis aritmetik. Salah satu pembahasan utama oleh kalangan
peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah persoalan bagusnya generalitas.
Salah satu argumen komersial dalam menerapkan generalitas adalah bahwa,
karena ia menyebabkan perancangan komputer menjadi sulit, malm perusahaan yang
melakukan perancangan tersebut bisa mengurangi peniruan rancangan oleh
perusahaanlain.
Kemudahan
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer
sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu, kemudahan
penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
Daya Terap
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang
untuk satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan
(2) aplikasi komersil biasa. Aplikasi
ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan
kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point ekstensif.
Daya Tempa (malleability)
Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk
implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai
arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT,
spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir
sama.
STRUKTUR & FUNGSI
_ Strukture adalah bagaimana
masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
_ Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai
bagian dari struktur
FUNGSI
_ Semua komputer memiliki 4
fungsi:
_ Pengolahan data - Data
processing
_ Penyimpanan data - Data
storage
_ Pemindahan data - Data
movement
_ Kendali – Control
FUNGSI
• Komputer dilihat dari
sudut pandang Fungsi.
FUNGSI – PEMINDAHAN DATA
• Contoh: dari keyboard ke layar monitor
ORGANISASI
Komputer adalah
kumpulan berbagai macam perangkat elektronik dan mekanik yang saling terhubung
dan mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah proses berdasarkan perintah yang
diberikan.
Struktur adalah suatu
cara bagaimana komponen- komponen dalam komputer saling berhubungan satu sama
lain. Fungsi komputer : sebagai operasi pengolah data, penyimpan data, pemindah
data, dan sebagai control yang dikerjakan oleh individu yang menyediakan
komputer dengan instruksi-instruksi.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar