Kamis, 11 Oktober 2012

Tugas 1 (Arsitektur & Organisasi Komputer)


ARSITEKTUR
Arsitektur komputer berkaitan dengan atribute-atribute yang nampak bagi programmer.Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques).
 Contoh: apakah tersedia instruksi untuk perkalian?
ORGANISASI
Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
Control signals, interfaces, memory technology.
Contoh: Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah
   dikerjakan dengan penambahan secara berulang?
ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER
-           Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
-          Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
-          Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
-          Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
-          Memberikan compatibilitas instruksi level mesin
-          At least backwards
-          Organisasi antar versi memiliki perbedaan

1.      Klasifikasi Arsitektur Komputer
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya masing-masing,
2.      Kualitas Arsiterktur Komputer
Generalitas
Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.  dan computer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik. Salah satu pembahasan utama oleh kalangan peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah persoalan bagusnya generalitas.
Salah satu argumen komersial dalam menerapkan generalitas adalah bahwa, karena ia menyebabkan perancangan komputer menjadi sulit, malm perusahaan yang melakukan perancangan tersebut bisa mengurangi peniruan rancangan oleh perusahaanlain.

Kemudahan
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
Daya Terap
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2) aplikasi komersil biasa.  Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point ekstensif.

Daya Tempa (malleability)
Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT, spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir sama.

STRUKTUR & FUNGSI
_ Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
_ Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

FUNGSI
_ Semua komputer memiliki 4 fungsi:
_ Pengolahan data - Data processing
_ Penyimpanan data - Data storage
_ Pemindahan data - Data movement
_ Kendali – Control

FUNGSI
• Komputer dilihat dari sudut pandang Fungsi.

FUNGSI – PEMINDAHAN DATA
• Contoh: dari keyboard ke layar monitor

ORGANISASI
Komputer adalah kumpulan berbagai macam perangkat elektronik dan mekanik yang saling terhubung dan mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah proses berdasarkan perintah yang diberikan.
Struktur adalah suatu cara bagaimana komponen- komponen dalam komputer saling berhubungan satu sama lain. Fungsi komputer : sebagai operasi pengolah data, penyimpan data, pemindah data, dan sebagai control yang dikerjakan oleh individu yang menyediakan komputer dengan instruksi-instruksi.
Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar